Membangun Karakter Peserta Didik melalui Integrasi Nilai-Nilai Surah Luqman dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Aisyah Husaini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Muhammad Zia Alghar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Keywords:

Surah Luqman, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Islam

Abstract

Pendidikan matematika tidak hanya berfungsi mengembangkan kemampuan kognitif, tetapi juga dapat menjadi sarana pembentukan karakter peserta didik. Surah Luqman ayat 13 sampai 19 memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji enam komponen pendidikan dalam ayat-ayat Surah Luqman ayat 13 sampai 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Data yang digunakan mencakup berbagai literatur seperti Al-Quran, kitab tafsir, buku, dan artikel yang relevan. Teknik analisis dilakukan dengan analisis isi terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan literatur pendidikan matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam Surah Luqman dapat diinternalisasikan ke dalam pendekatan pembelajaran matematika yang lebih manusiawi, reflektif, dan berlandaskan karakter. Guru matematika dapat mengadopsi peran Luqman sebagai pembimbing peserta didik, pencipta suasana yang dialogis, kolaboratif, dan religious, serta penasihat dalam setiap refleksi pembelajaran. Penelitian ini membuka peluang untuk perancangan model pembelajaran matematika integratif yang berlandaskan surah Luqman dan mendorong adanya penelitian lanjutan yang bersifat empiris.

Author Biographies

Aisyah Husaini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Tadris Matematika, STAIN Mandailing Natal

Muhammad Zia Alghar, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Tadris Matematika, STAIN Mandailing Natal

References

Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. In Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran (pp. 1–16).

Aguilar, M. S., & Castaneda, A. (2021). What mathematical competencies does a citizen need to interpret Mexico’s official information about the COVID-19 pandemic? Educational Studies in Mathematics, 108(1), 227–248. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10082-9

Al Ayyubi, I. I., Masfuroh, A. S., Noerzanah, F., Muhaemin, A., & Apriyanti, N. S. N. (2024). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif QS Luqman Ayat 13-19. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v3i1.181

Albanese, V., & Perales, F. J. (2020). Mathematics Conceptions by Teachers from an Ethnomathematical Perspective. In Bolema: Boletim de Educação Matemática (Vol. 34, Issue 66, pp. 1–21). SciELO Brasil. https://doi.org/10.1590/1980-4415v34n66a01

Alghar, M. Z., & Afandi, M. I. (2024). Islamic integrated maths: Mathematical logic in the Qur’an. Fahima: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(1), 33–48. https://doi.org/10.54622/fahima.v3i1.144

Alghar, M. Z., Walidah, N. Z., & Marhayati. (2023). Ethnomathematics: The exploration of fractal geometry in Tian Ti Pagoda using the Lindenmayer system. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2023.v5i1.57-69

Ali, N. (2020). Integrating science and religion in the curriculum of Indonesian Islamic higher education: A case study of UIN Malang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(9), 948–960.

Anggreni, F. (2019). Relevansi pembelajaran matematika dengan nilai-nilai Al-Qur’an dalam membentuk karakter peserta didik pada materi pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.896

Ennis, R. (2011). Critical thinking: Reflection and perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines, 26(2), 5–19. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews201126215

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. Taylor & Francis.

Hammadi, S. S., Majeed, B. H., & Hassan, A. K. (2023). Impact of Deep Learning Strategy in Mathematics Achievement and Practical Intelligence among High School Students. Int. J. Emerg. Technol. Learn., 18(6), 42–52. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i06.38615

Hasanah, R. (2021). Kenakalan remaja sebagai salah satu bentuk patologi sosial (penyakit masyarakat). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.614

Hayati, N., Husaini, A., Alghar, M. Z., & Lubis, R. S. (2025). Etnomatematika Suku Mandailing: Tinjauan Literatur Sistematik Tahun 2018-2024. In M. D. Kurniadi (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) (pp. 43–52). Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.

Hyde, J. S., Else-Quest, N. M., Alibali, M. W., Knuth, E., & Romberg, T. (2006). Mathematics in the home: Homework practices and mother–child interactions doing mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 25(2), 136–152. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2006.02.003

Joyce, B., & Calhoun, E. (2014). Models of teaching. Taylor & Francis.

Katsir, I. (2003). Tafsir Ibnu Katsir.

Kemendikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan. Kemendikbud.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. National Academies Press.

Kristanti, F., Ainy, C., & Shoffa, S. (2018). The effect of creative problem-solving learning model using geometry transformation book based on Al-Qur’an on students’ van Hiele thinking level and learning outcome. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 12053. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012053

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1988). Problem Solving: A Handbook for Elementary School Teachers. ERIC.

Liu, R.-D., Zhen, R., Ding, Y., Liu, Y., Wang, J., Jiang, R., & Xu, L. (2018). Teacher support and math engagement: roles of academic self-efficacy and positive emotions. Educational Psychology, 38(1), 3–16. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.1359238

Lutfiyah, L. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak: Studi Ayat 13-19 Surat Luqman. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 127–150. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1472

McMullen, R., & de Abreu, G. (2011). Mothers’ experiences of their children’s school mathematics at home: the impact of being a mother-teacher. Research in Mathematics Education, 13(1), 59–74. https://doi.org/10.1080/14794802.2011.550727

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 43–52. https://doi.org/10.1177/019263650108562306

Muslimin, Putri, R. I. I., Zulkardi, & Aisyah, N. (2020). Learning integers with realistic mathematics education approach based on Islamic values. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.11721.363-384

Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 51–75. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Mutodi, P., & Mosimege, M. (2021). Learning mathematical symbolization: conceptual challenges and instructional strategies in secondary schools. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 35(70), 1180–1199. https://doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a29

Nasional, K. P. (2010). Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Oktavia, L., Muchtar, A., Zainuri, A., & Sandi, A. (2020). Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 148–166. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.458

Piaget, J. (1971). The theory of stages in cognitive development.

Pinto, G. (2019). Teaching Mathematics in an Inclusive Context: A Challenge for the Educational Interpreter in Libras. Inclusive Mathematics Education: State-of-the-Art Research from Brazil and Germany, 219–236. https://doi.org/10.1007/978-3-030-11518-0_15

Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (1st ed.). Princeton University Press.

Rahayu, A., Raudah, F., & Ekaputri, S. W. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 213–225. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.935

Rofiki, I., & Alghar, M. Z. (2024). Keberhasilan peserta didik kompetisi sains madrasah nasional dalam menyelesaikan soal matematika terintegrasi Islam pada materi segitiga. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(2), 147–161. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.62.147-161

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V, Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). State of the art in Ethnomathematics. Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, 11–37. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3

Rosnelli, R., & Ristiana, P. A. (2023). Independent curriculum learning management to improve students’ literacy and numerical competence in schools. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(4), 946–963. https://doi.org/10.46328/ijemst.3513

Rowlands, S., Graham, T., & Berry, J. (2011). Problems with Fallibilism as a Philosophy of Mathematics Education. Science & Education, 20(7), 625–654. https://doi.org/10.1007/s11191-010-9234-2

Safana, M. N., & Atika, N. L. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam pada pembelajaran matematika: Kajian literatur. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 114–125. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.926

Safitri, H. D., Syahidah, N., & Nurhayati. (2024). Analisis Strategi Pengintegrasian Antara Pembelajaran Matematika dengan Pembelajaran yang Memuat Nilai Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 517–528. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.960

Syofrianisda, S., & Suardi, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surat Luqman Ayat 13-19 dalam Tafsir al-Misbah Karangan M. Quraish Shihab). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 11(1), 91–108.

Syukur, A., & Nata, A. (2023). Pendidikan Akhlak Dalam Teladan Luqman Al Hakim. Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi, 2(01), 133–147. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.375

Voorhis, F. L. Van. (2011). Adding families to the homework equation: A longitudinal study of mathematics achievement. Education and Urban Society, 43(3), 313–338. https://doi.org/10.1177/0013124510380236

Wanto, D., & Jalwis, J. (2021). Character Education in Quran: Thematic Interpretation of QS Luqman: 12-19 and Its Relevance to Character Education by the National Ministry of Education. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 5(2), 755–774. https://doi.org/10.29240/alquds.v5i2.2778

Wardiani, W. (2023). Dampak Kenakalan Remaja Dan Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Sebagai Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 130–136. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i2.95

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Husaini, A., & Alghar, M. Z. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik melalui Integrasi Nilai-Nilai Surah Luqman dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Matematics In Teaching and Learning, 2(1), 75–85. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/matematika/article/view/2608