Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Aam Choirotul Cholidiyah UIN Maulana Malik Ibrahim

Keywords:

analisis butir soal, penilaian akhir tahun, matematika, sekolah menengah pertama

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada mata pelajaran matematika. Pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Partisipan yang dilibatkan yaitu 30 siswa SMP Budi Mulia. Data yang dikumpulkan berupa lembar soal PAT, lembar jawaban, dan kunci jawaban. Analisis data dilakukan berbantuan aplikasi Microsoft Excel pada 30 butir soal. Hasil penelitian menjukkan bahwa 36,67% soal termasuk dalam kategori valid,  butir soal yang diujikan telah reliabel, tingkat kesukaran butir soal termasuk dalam kategori kurang baik, daya pembeda termasuk dalam kategori lemah, dan distractor yang berfungsi dengan baik. Dengan demikian, butir-butir soal matematika yang diujikan perlu diperbaiki dan dikaji kembali. Penelitian ini berkontribusi bagi guru untuk merevisi soal yang belum layak dan menyimpan soal berkategori baik ke dalam bank soal.

Author Biography

Aam Choirotul Cholidiyah, UIN Maulana Malik Ibrahim

Magister Pendidikan Matematika, UIN Maulana Malik Ibrahim

References

Alghar, M. Z. (2022). Proses berpikir analitis mahasiswa Matematika dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan teori APOS ditinjau dari jenis kelamin. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anas, S. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anwar, L., Sa’dijah, C., & Murtafiah, W. (2022). Asesmen berbasis HOTS dan Numerasi (1st ed.). AE Media Grafika.

Ardiansyah, M. (2021). Analisis Penilaian Tengah Semester Menggunakan Sistem CBT Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Islam Perti Jakarta. Research and Development Journal of Education, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7667

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. Taylor & Francis.

Febriani, I. M. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. Laterne, 5(2), 1–12.

Gronlund, N. E. (1998). Assessment of student achievement (6th ed.). Allyn and Bacon.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al Asma?: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian Matematika kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459

Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). Analisis butir soal matematika materi KPK dan FPB berbasis cerita di SDN 111 Pekanbaru. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 92–106. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.538

Hardianti, D. (2019). Analisis Butir Soal Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Segiempat. Metatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–43.

Huincahue, J., Borromeo-Ferri, R., Reyes-Santander, P., & Garrido-Véliz, V. (2021). Mathematical Thinking Styles—The Advantage of Analytic Thinkers When Learning Mathematics. Education Sciences, 11(6), 289–297. https://doi.org/10.3390/educsci11060289

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003.

Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi, S. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 110–125. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2818

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. National Academies Press.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang, 3(2), 198–214.

Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). Analisis butir soal ujian akhir sekolah. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 274–284. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569

Ntumi, S., Agbenyo, S., & Bulala, T. (2023). Estimating the Psychometric Properties (“Item Difficulty, Discrimination and Reliability Indices”) of Test Items Using Kuder-Richardson Approach (KR-20). Shanlax International Journal of Education, 11(3), 18–28. https://doi.org/10.34293/education.v11i3.6081

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Sa’dijah, C., Qohar, A., & Anwar, L. (2015). Asesmen dalam Pembelajaran Matematika yang Mendukung Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Matematika. UM Penerbit & Percetakan.

Sudjiono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Belajar. Raja Grafindo Persada.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia, N. (2015). Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.50

Suzana, A. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purbalingga. Jurnal MathGram Matematika, 2(2), 1–8.

Tilaar, A. L. F., Sulangi, V. R., & Pelealu, E. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Airmadidi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Sains, Matematika & Edukasi (JSME), 8(2), 190–196. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Utomo, B. (2018). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(1), 155–175. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Cholidiyah, A. C. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Matematics In Teaching and Learning, 2(1), 43–52. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/matematika/article/view/2609