Analisis Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Terintegrasi Nilai Islam pada Siswa SMP Negeri 1 Kotanopan
Keywords:
Matematika Terintegrasi Islam, Pembelajaran matematika, Nilai-nilai IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar matematika melalui integrasi nilai Islam pada siswa SMP Negeri 1 Kotanopan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika setelah proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam dengan persentase peningkatan sebesar 70.8%. Pembelajaran matematika terintegrasi keislaman juga mendorong terbentuknya sikap positif siswa terhadap matematika dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Hasil penelitian juga menemukan adanya tantangan dalam keterbatasan waktu guru dan kesiapan siswa dalam menerima pendekatan pembelajaran matematika integratif. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi nilai Islam dapat menjadi pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini berkontribusi dalam menyajikan deskripsi praktik pembelajaran matematika terintegrasi Islam yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 1 Kotanopan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.
References
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. In Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran (pp. 1–16).
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.452
Aksan, S. M., Zein, M., & Saumur, A. S. (2023). Islamic Educational Thought on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics): Perspectives and Implementation. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(4), 378–386. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v6i4.325
Akta?, F. N., Aky?ld?z, P., & Dede, Y. (2023). Students’ mathematics educational values at religious vocational middle schools: A cross-sectional study. International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education, 51(3), 480–492. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1981421
Alghar, M. Z., & Rizqiyah, A. (2024). Trends in Al-Qur’an-Integrated Mathematics Research: A Bibliometric Analysis of 2014-2024. In A. N. Kawakip, M. Walid, & A. Basith (Eds.), Proceedings of the International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 9, Issue 1, pp. 530–539).
Alghar, M. Z., Rizqiyah, A., & Radjak, D. S. (2025). Integration of Islam and mathematics: A study of the number 10 in surah al-Kautsar. In I. F. Rohmah, Badruddin, & A. A. Sidqi (Eds.), Muhajirin International Conference (Vol. 1, Issue 1, pp. 472–483). Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhajirin Purwakarta.
Ali, N. (2020). Integrating science and religion in the curriculum of Indonesian Islamic higher education: A case study of UIN Malang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(9), 948–960.
Anggreni, F. (2019). Relevansi pembelajaran matematika dengan nilai-nilai Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa pada materi pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.896
Asyhar, B., & Muniri, M. (2017). Matematika Sebagai Alternatif Media Dakwah. … Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai …. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/492292
Baltazar, L. P. T. (2022). Emotional Intelligence and Analytical Problem-Solving Skills of Students in General Mathematics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(4), pp.981-996. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555356
Chan, Y.-C., & Wong, N.-Y. (2014). Worldviews, religions, and beliefs about teaching and learning: Perception of mathematics teachers with different religious backgrounds. Educational Studies in Mathematics, 87(3), 251–277. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9555-1
Cholidiyah, A. C. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Himpunan Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta Dididk Kelas VII. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Cholidiyah, A. C., Sujarwo, I., & Turmudi. (2023). Analisis Kebutuhan e-LKPD Bernuansa Keislaman berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Penalaran Adaptif Peserta Didik. Journal of Mathematics in Teaching and Learning2, 2(2), 131–144.
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Goffney, I., Gutiérrez, R., & Boston, M. (2018). Mathematics for Black, Indigenous, and Latinx Students. NCTM. https://math.oregonstate.edu/sites/math.oregonstate.edu/files/2022-03/Rochelle Gutierrez - The Need to Rehumanize Mathematics.pdf
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(1), 29–36. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/143
Hiebert, J., & Lefevre, P. (2013). Conceptual and procedural knowledge in mathematics: An introductory analysis. In Conceptual and procedural knowledge (pp. 1–27). Routledge.
Hifni, M. Q. (2023). Analisis Kebutuhan e-Modul RME Bernuansa Islami untuk Mendukung Literasi Statistik dan Karakter Religius Peserta Didik. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 2(1), 64–74.
Husaini, A., & Alghar, M. Z. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik melalui Integrasi Nilai-Nilai Surah Luqman dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 2(1), 75–85.
Indonesia, P. P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
Kurniadi, A., & Wandini, R. R. (2022). Konsep pola matematika pada surat quraisy. Jurnal Basicedu, 6(3), 3325–3333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2604
Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 51–75. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878
Mutodi, P., & Mosimege, M. (2021). Learning mathematical symbolization: conceptual challenges and instructional strategies in secondary schools. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 35(70), 1180–1199. https://doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a29
Nihayati, N., & Suminto, S. (2020). Integrasi Logika Matematika dalam Ayat-Ayat Al-Qur’an dengan Nilai-Nilai Akhlak. JURNAL E-DuMath, 6(1), 40–47.
Nurjanah, M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan.
OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874
Roziqin, M. K. (2019). Hubungan Al-Quran dengan matematika. Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.375
Silvatama, M. A., Nur Kamila, N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan sikap religius siswa melalui pembelajaran matematika bermuatan nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135
Slawantya, Y. R. (2024). Pengembangan e-modul dengan pendekatan problem Based Learning Integratif untuk meningkatkan penalaran Aljabar dan sikap spiritual peserta didik. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Susanti, R. (2018). Optimalisasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Risalah, 14(2), 153–168.
Tabassum, M. F., Husnain, M., Qudus, A., & Karim, R. (2024). Fostering Academic Excellence: The Role of Religious Character and Motivation through the Integration of Islamic Values in Mathematics Education. Journal of Computational Analysis & Applications, 33(2).
Walidah, N. Z., Alghar, M. Z., Abdussakir, & Smeer, Z. B. (2024). Integrasi Islam dan sains: Telaah terhadap konsep matematika dalam hadits keutamaan membaca shalawat. Lentera, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.32505/lentera.v6i1.8717
Yugita, R., Wahyuni, C., Safitri, H., Aqsa, A. N., & Nasrullah, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 4(1), 22–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riza Wahyuni Lubis, Sangkot Rizal Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.