Analisis Butir Soal UAS Matematika di SDN 072 Sibaungbaung Kecamatan Panyabungan Utara
Keywords:
analisis butir soal, validitas, reliabilitas, daya bedaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal Ujian Akhir Semester (UAS) Matematika di SDN 072 Sibaungbaung Kecamatan Panyabungan Utara tahun ajaran 2024/2025 berdasarkan lima aspek utama, yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas distraktor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan data yaitu lembar jawaban 20 siswa kelas V yang mengerjakan 20 butir soal pilihan ganda. Analisis dilakukan dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65% butir soal valid dan 35% tidak valid. Reliabilitas instrumen tergolong baik dengan koefisien r11 = 0,760 lebih besar dari rtabel = 0,700. Sebagian besar soal (75%) termasuk kategori mudah, sementara 25% berada pada kategori sedang, tanpa ada soal kategori sulit. Analisis daya beda memperlihatkan dominasi butir soal dalam kategori lemah (90%), sehingga kurang mampu membedakan siswa berkemampuan tinggi dan rendah. Analisis distraktor menunjukkan bahwa 71,67% pengecoh berfungsi efektif, sedangkan 28,33% tidak berfungsi.
References
Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran Penulis. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Basri, K., Baidowi, B., Junaidi, J., & Turmuzi, M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 682–694. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.107
Cholidiyah, A. C. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 2(1), 43–52.
Ciftci, S. K., & Karadag, E. (2016). Developing a mathematics education quality scale. Africa Education Review, 13(3–4), 211–234. https://doi.org/10.1080/18146627.2016.1224590
DeVellis, R. F., & Thorpe, C. T. (2021). Scale development: Theory and applications. Sage publications.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Febriani, I. M. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. Laterne, 5(2), 1–12.
Gronlund, N. E. (1998). Assessment of student achievement (6th ed.). Allyn and Bacon.
Haladyna, T. M., Rodriguez, M. C., & Stevens, C. (2019). Are multiple-choice items too fat? Applied Measurement in Education, 32(4), 350–364. https://doi.org/10.1080/08957347.2019.1660348
Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al Asma?: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian Matematika kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459
Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). Analisis butir soal matematika materi KPK dan FPB berbasis cerita di SDN 111 Pekanbaru. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 92–106. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.538
Hesamamiri, R., Mahdavi Mazdeh, M., & Jafari, M. (2013). Measuring the reliability of knowledge management: instrument development and validation. Aslib Proceedings: New Information Perspectives, 65(5), 484–502. https://doi.org/10.1108/AP-04-2013-0029
Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi, S. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 110–125. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2818
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang, 3(2), 198–214.
Ntumi, S., Agbenyo, S., & Bulala, T. (2023). Estimating the Psychometric Properties (“Item Difficulty, Discrimination and Reliability Indices”) of Test Items Using Kuder-Richardson Approach (KR-20). Shanlax International Journal of Education, 11(3), 18–28. https://doi.org/10.34293/education.v11i3.6081
Sim, S., & Rasiah, R. I. (2006). Relationship between item difficulty and discrimination indices in true/false-type multiple choice questions of a para-clinical multidisciplinary paper. Annals-Academy of Medicine Singapore, 35(2), 67.
Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Tarrant, M., Ware, J., & Mohammed, A. M. (2009). An assessment of functioning and non-functioning distractors in multiple-choice questions: a descriptive analysis. BMC Medical Education, 9(1), 40. https://doi.org/10.1186/1472-6920-9-40
Tilaar, A. L. F., Sulangi, V. R., & Pelealu, E. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Airmadidi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Sains, Matematika & Edukasi (JSME), 8(2), 190–196. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.