Memberikan Zakat Kepada Orang Fasiq dalam Kajian Filsafat Hukum Islam

  • Selfia Marlina UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Busyro Busyro UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Zakat,  Filosofis Hukum Islam, Orang Fasiq

Abstract

Para  mustahiq zakat dijelaskan dalam al-qur’an surat at- Taubah ayat 60 yang terdiri dari 8 golongan, yaitu fakir, miskin, amil zakat, muallaf, riqab (budak), gharim (orang yang berhutang), fi Sabilillah dan Ibnu Sabil. Kemudian secara umum ada lagi golongan yang diharamkan menerima zakat diantaranya orang kaya, orang kuat bekerja, non muslim, anak dan ayah, istri, keluarga dan kerabat Rasulullah. Jika zakat itu sudah diberikan kepada sasaran yang tepat tapi di antara mereka ada yang termasuk golongan fakir namun termasuk dalam kategori fasiq. Dalam hal ini jika dilihat dari segi fakir atau miskinnya maka ia termasuk kepada golongan yang berhak menerima zakat dan orang fasiq juga tidak termasuk kepada golongan yang diharamkan menerima zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hukum memberikan zakat kepada orang fasiq  dalam kajian filosofis hukum Islam. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (library research) dengan data utama berasal dari jurnal, buku, dan internet. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca, mencatat, mengelompokkan sesuai dengan tema yang dibahas, kemudian dianalisis menggunakan teori menggunakan teori deskriptif, induktif dan menyajikannya menjadi tulisan yang layak untuk dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara filosofis hukum Islam orang fasiq berhak mendapat peruntukan zakat akan tetapi  pertama, hukumnya makruh jika dengan diberikanya harta zakat maka  tidak berubah dan tetap kepada kefasiqannya pada level tahsiniyah. Kedua hukumnya mubah jika dengan pemberian harta zakat akan menrubah ke fasiqan nya menjadikan mereka mau untuk melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah pada level tahsiniyah.

 

Author Biography

Busyro Busyro, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Lektor Kepala pada Fakultas Syariah UIN Bukittinggi

References

`Ali al­ Sayis, Muhammad. Tafsir Ayat al-Ahkam. Jilid II. Beirut: Dar al­Kutub al­`Ilmiyah, t.t.
A. Dorib, Muhammadiyah Zuhridan. Ilmu Ushul Fiqh. Semarang: Dina Utama, 1999.
"Abd al-Malik ibn Abdillah ibn Yusuf al-Juwaini, Abi al-Ma’alliy. Al-Burhan fi Ushul al-Fiqh. Juz I, Cet ke-1. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1997.
Abdul Aziz, Sa’ad Yusuf. Sunnah dan Bid’ah. alih bahasa oleh H. Masturi Irham, Lc, dkk. Cer ke 4. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2008.
Abdul Hamid al Atsari, Abdullah bin. Al Imanu Haqiqatuhu, Khawarimuhu. Nawaqidhuhu ’inda Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Riyadh: Madar al Wathan li an Nasyr: Dar Ihya at Turats al Arabi, 2003.
Abdurahman, Abdullah bin. Syarah Bulughul maram, alih bahasa oleh Thahirin Suparta, dkk. Cetakan 1. Jakarta: Pustaka Azzam, 2006.
Ahmad Supardi, Didiek. Sistem Lembaga Keuangan Ekonomi Islam dalam Pemberdaya an Ekonomi Rakyat. Semarang: PT. Pustaka Rezki Putra, 2013.
Al-Ghaziy, Syekh. Muhammad Ibn Qasim. Fathul Qarib al-Mujib. Jakarta: Maktabah at- Turmusy Litturots, 2019.
Amir Dzulqurnain, Davit, dan Diah Ratnasari. “Strategi Pendayagunaan Zakat Produktif untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.” Relawan Jurnal Indonesia 1, No. 2 (Juli 2020). https://doi.org/10.52431/minhaj.v1i2.340.
Azizi, A. Qodri. Membangun Fondasi Ekonomi Umat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam Wa Adillatuhu, terjemahan oleh: Abdul Hayyie al-Kaattani, dkk. Jakarta: Gema Insani, 2010.
Badawiy, Yusuf Ahmad Muhammad al-. Maqashid al-Syari’ah ’ind Ibnu Taimiyah. Cet ke-1. Mesir: Dar al-Nafa’is, 2000.
Busyro. Maqashid al-Syari’ah Pengetahuan Mendasar Memahami Maslahah. Jakarta: Pranadamedia Group, 2019.
———. Pengantar Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2020.
Defianti, Tria. “Efektivitas Sistem Manajeman Informasi BAZNAS terhadap Peningkatan Pengeloaan Dana Zakat (Studi di BAZNAS Kabupaten Serang).” UIN SMH Instutional Repository, 2018. http://repository,uinbanten.ac.id/id/eprint/2487.
Djamil, Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Ghalib bin Atiyah, Abdul Haq bin. Al Muharrar al Wajiz fi Tafsir al Kitab al Aziz. Juz I. Libanon: Dar al Kitab al Alamiyah, 2001.
Hadi, Sutrisno. Metodoogi Research. Yogyakarta: Andi Ofset, 1987.
Hakim, Abdul Hamid. As-Sulam. Jakarta: Maktabah as-Sa’adiyah Putra, 2007.
“https://uninus.ac.id/dua-jenis-orang-fasik-menurut-imam-al-ghazali.” 2019.
Ibnu Hajar al-Asqalani, Al-Hafizh. Bulughul Maram dan Penjelasannya, syarah : Syaikh Faishal Alu Mubarak. Jakarta: Ummul Qura, 2015.
Karim, Adiwarman. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Mahmud al Ba’ly, Abdul al Hamid. Ekonomi Zakat Sebuah Kajian Moneter dan Keuangan Syari’ah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Munawwir, A.W. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: Pustaka Progresif, 1997.
Mustofa, Budiman, dan Nur Silaturrahmah. Buku Pintar Ibadah Muslimah. Surakarta: Ziyad Visi Media, 2011.
Nabahan, Faruq an-. Sistem Ekonomi Islam Pilihan Setelah Kegagalan Sistem Kapitalis dan Sosialis. Yogyakarta: UII Press, 2000.
Pemberdayaan Zakat, Direktorat. Fiqih Zakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Isma Departmen Agama RI, 2009.
Rozalinda. Fikih Ekonomi Syariah: Prinsip Dan Implementasinya Pada Sektor Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Ruhul Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-’Azhim wa as Sab’ii al Matsani. Juz II. Libanon: Dar Ihya at Turats al Arabi, t.t.
Sabiq, Sayyid. Fiqih as-Sunnah. II. Beirut: Dar al-Fikri, t.t.
———. Fiqih Sunnah alih bahasa oleh Mahyuddin Syaf. Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1997.
Syah, Achmad Rasyid. “Optimalisasi Filantropi Islam Perspektif Hifz Al-Aql Pada Maqashid Al Shariah (Studi Kontribusi Baznas Sidoarjo Pada Program Sidoarjo Cerdas).” Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya., 2022. http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/9382.
UU No. 23, “Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, 2011.
Wan Hassan, Wan Zulkifli bin, Nabilah binti Abdullah, Moh. Arip bin Kasmo, Nazri bin Muslim, Jamsari bin Alias, dan Azizi Umar. “Kerelevanan Fatwa Mengenai Pengagihan Zakat Sebagai Suatu Sistem Jaminan Sosial Masyarakat Islam di Terengganu.” Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, 2016.
Zuhaili, Wahbah al-. Fiqh Islam Wa Adillatuh. Damaskus: Dar al-Fikr, 1984.
———. Fiqh Islam Wa Adillatuh. Damaskus: Dar al-Fikr, 1984.
Zuhdi, Masjfuk. Masailul Fiqiyah. Jakarta: CV. Haji Masagung, 1994.
Published
2023-06-30
How to Cite
Marlina, S., & Busyro, B. (2023). Memberikan Zakat Kepada Orang Fasiq dalam Kajian Filsafat Hukum Islam. El-Ahli : Jurnal Hukum Keluarga Islam , 4(1), 12-36. https://doi.org/10.56874/el-ahli.v4i1.1202