PROGRAM DAKWAH PADA “CHANNEL YOUTUBE USTADZ ADI HIDAYAT OFFICIAL” PERSPEKTIF AUDIENCES

  • Sayyidah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhamad Afdoli Ramadoni Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Andi Faisal Bakti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Dakwah, Konten, Youtube, Audience and User Theory.

Abstract

      Salah satu fenomena yang sehari-hari dinikmati oleh Muslim Indonesia, adalah merebaknya aktivitas dakwah Islam. Fenomena ini merupakan perkembangan yang menggembirakan sekaligus tantangan bagi para praktisi dakwah untuk tampil tetap dinamis selalu meningkatkan intensitas, kejelasan visi dan pemahaman, dan bertindak lebih professional. Tujuan penelitian ini untuk melihat audience dalam konten dakwah pada program dakwah channel youtube ustadz Adi Hidayat Official. Hubungan media youtube dengan audience sangat kuat, di mana apabila youtube memiliki audience yang cukup banyak, maka para pengiklan akan banyak berdatangan. Hubungan yang kuat itu dapat terjadi apabila televisi tersebut dapat memuaskan kebutuhan dari audience, tetapi apabila youtube tersebut tidak dapat memuaskan kebutuhan dari audiencenya, maka audience tersebut dapat memindahkan channel youtube lain.  Penelitian ini menggunakan teori audience dari Gill Branston dan Roy Stafford dan mengelompokkan khalayak (audience) yang terfokus pada tiga model, yaitu model efek, uses (kegunaan) dan gratification (kepuasaan). Dakwah yang disampaikan tidak cukup hanya dimengerti, tetapi juga harus dirasakan manfaatnya. Dalam teori uses (kegunaan), audience akan menerima pesan, ketika dipandang bermanfaat atau berguna. Aktivitas dakwah yang memberi manfaat kepada objek dakwah (mad’u), akan diterima dan diminati. Karena itu, Rasulullah saw menyatakan, “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk sesamanya.” Manfaat dalam hal ini sangat erat dengan keberhasilan komunikasi dakwah. Media ini sangat populer di tengah masyarakat yang dapat menjangkau audience dan pengguna hingga ke pelosok. Penyajian materi-materi dakwah di media sosial youtube  yang berbobot dan menarik menjadi bagian penting, sehingga diminati pemirsa sebagai objek dakwah (mad’u).

Published
2023-06-15
How to Cite
Sayyidah, Ramadoni, M. A., & Bakti, A. F. (2023). PROGRAM DAKWAH PADA “CHANNEL YOUTUBE USTADZ ADI HIDAYAT OFFICIAL” PERSPEKTIF AUDIENCES. QAULAN : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam , 4(1), 51-61. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/qau/article/view/1250