PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM EFEKTIFITAS PENYAMPAIN PESAN

  • Fifi Asmawati UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Hidayat HT UIN Raden Fatah
Keywords: komunikasi, manajemen, manajemen komunikasi

Abstract

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Menajemen sering juga didefinisikan sebagai seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. karena itu manajemen komunikasi merupakan perpaduan konsep komunikasi dan manajemen yang diaplikasikan dalam berbagai kegiatan komunikasi dengan tujuan untuk membuat pelaksanaann komunikasi itu berjalan efektif, sehingga pesan atau hasil yang diharapakan dari penyampaian informasi tadi sesuai dengan yang diharapkan. Manajemen Komunikasi terdiri dari dua kata yaitu Manajemen dan komunikasi. Dalam proses pelaksanaanya manajemen berkerja melalui fungsi-fungsinya yaitu membuat perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dalam mencapai tujuan, sedangkan menurut Ctutlip dalam bukunya efektifitas Publik Relation bahwa  manajemen komunikasi adalah proses timbal balik (resiprokal) pertukaran sinyal untuk memberi informasi, membujuk atau memberi perintah, berdasarkan makna yangsama dan dikondisikan oleh konteks hubungan para para komunikator dan konteks sosialnya.Manajemen komunikasi lahir karena adanya tuntutan umtuk menjembatani antara teoritisi komunikasi dengan praktisi komunikasi. Para teoritisi menghadapai keterbatasan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimilkinya. Sementara para praktisi komunikasi mengalami keterbatasan pada rujukan teoritis atau ilmu komunikasi.

Published
2023-06-14
How to Cite
Asmawati, F., & HT, H. (2023). PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM EFEKTIFITAS PENYAMPAIN PESAN . QAULAN : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam , 4(1), 10-19. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/qau/article/view/1260